Hoka Hoka Bento, Kuliner Jepang Asli Indonesia

Bisnis waralaba di Indonesia memang semakin berkembang dari tahun ke tahun. Peningkatan tersebut tidak hanya pada bisnis waralaba di tingkat nasional, tetapi juga di tingkat kabupaten atau provinsi. Seperti kita ketahui, bahwa banyak sekali bisnis waralaba dari bisnis penjualan minuman hingga makanan. Salah satu bisnis waralaba yang sudah puluhan tahun berdiri di negeri kita dan telah memiliki ratusan outlet adalah Hoka Hoka Bento. Restoran cepat saji yang menyediakan beragam jenis menu masakan Jepang ini, memang sudah sangat terkenal di negeri ini. Saking “Jepang” nya, saya sempat berpikir bahwa restoran ini milik orang Jepang.

Sejarah Hoka Hoka Bento

Restoran cepat saji yang telah memiliki lebih dari 350 outlet ini berdiri pada tahun 1985 di daerah Kebon Kacang, Jakarta. Restoran ini merupakan salah satu usaha yang dinaungi oleh PT. Eka Bogainti. Restoran cepat saji ini, memiliki konsep restoran yang bergaya Jepang dan menyediakan berbagai jenis masakan Jepang. Selain mengutamakan konsep yang bertema Jepang, restoran cepat saji ini juga menjaga kebersihan dan kenyamanan pengunjung, sehingga banyak orang yang suka sekali datang ke restoran tersebut. Dengan begitu,, Hoka Hoka Bento telah menjadi restoran Jepang cepat saji yang terbesar di negara kita.

Pada tahun 1985, Hendra Arifin selaku owner dari PT. Eka Bogainti memiliki keinginan untuk mendirikan restoran cepat saji yang menyediakan berbagai aneka masakan Jepang. Sebab, pada saat itu restoran yang menyediakan masakan Jepang cepat saji belum ada. Oleh karena itu, Hendra Arifin pergi ke Jepang untuk melaksanakan studi banding sekaligus membeli perizinan untuk mendirikan Hoka-Hoka Bento di Indonesia. Pada mulanya, Hoka Hoka Bento yang ada di Jepang adalah restoran take away atau restoran yang hanya melayani masakan untuk dibawa pulang. Namun saat ini, perusahaan milik Hendra Arifin tersebut telah memiliki hak cipta secara penuh untuk menggunakan nama Hoka Hoka Bento. Oleh karena itu, Hoka-Hoka Bento beserta seluruh kepemilikan mereknya telah dimiliki sepenuhnya oleh orang Indonesia.

Untuk pertama kalinya Hoka Hoka Bento mendirikan gerai cabang di luar Kota Jakarta adalah pada tahun 1990. Pada saat itu, Hoka Hoka Bento mendirikan gerai cabangnya di Kota Bandung. Lalu menyusul kemudian, kota-kota berikutnya seperti Surabaya, Malang, Yogyakarta, kota-kota di Jawa Tengah, dan juga Bali. Untuk Kota Bandung sendiri, saat ini sudah terdapat 23 outlet Hoka Hoka Bento di kota ini. Sedangkan di kota Surabaya sudah ada 13 outlet. Semenjak tahun 2015, restoran cepat saji yang menyediakan berbagai masakan Jepang ini mengubah namanya menjadi HokBen. Tidak hanya namanya, tetapi penampilan, pelayanan, penawaran, dan juga suasana yang berbeda dan lebih menarik.

Jenis Masakan

Sejak pertama berdiri, HokBen memang sudah memperkenalkan dirinya sebagai restoran cepat saji yang menyediakan beragam masakan Jepang. Begitu pula hingga hari ini. Beragam masakan Jepang baik yang dihadirkan secara satuan maupun paket, dapat Anda nikmati di restoran ini. Anda dapat memilih beragam jenis makanan mulai dari makanan utama, makanan penutup, camilan, aneka es dan juga salad.

Jenis makanan utama di restoran ini adalah seperti beef teriyaki, beef yakiniku, dan juga yang berbahan dasar daging ayam. Untuk aneka camilan, Anda dapat memilih ebi furai, shrimp roll, kani roll, spicy chicken, dan masih banyak lagi. Sedangkan untuk minumannya, di restoran cepat saji tersebut menyediakan aneka es seperti es ogura, es sarang burung, puding dan juga konyaku. Bagi Anda yang memiliki lidah Indonesia “banget” maka Anda tidak perlu khawatir, sebab meskipun di restoran HokBen ini menghidangkan segala jenis masakan Jepang. Namun semua sajiannya baik makanan maupun minumannya telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia. Di restoran ini juga terdapat paket khusus untuk anak-anak dan juga paket untuk merayakan pesta.

Bagi Anda yang beragama Muslim juga tidak perlu khawatir. Sebab, meskipun restoran cepat saji ini memiliki tema dan menyajikan masakan Jepang, namun HokBen telah memiliki sertifikat halal yang dikeluarkan oleh MUI. Selain itu, sertifikat halal tersebut juga diperbarui setiap 2 tahun sekali. Tidak hanya itu, Majelis Ulama Indonesia juga menilai bahwa HokBen memiliki kualitas terbaik dari segi jaminan halalnya.

HokBen juga menjadi salah satu restoran cepat saji yang mengikuti perkembangan jaman. Pada beberapa tahun yang lalu, HokBen juga telah memberikan layanan gratis antar untuk pemesanan makanan dan minuman. Jadi Anda hanya cukup menekan nomor 1500-505 kemudian Anda sebutkan pesanan Anda, lalu Anda tinggal menunggu pesanan sampai ke rumah dan tinggal membayarnya. Seiring perkembangan smartphone, restoran cepat saji ini juga telah memiliki aplikasi. Aplikasi tersebut berupa HokBen Apps yang dapat kita unduh secara gratis melalu Play Store. Setelah kita mengunduh aplikasi tersebut, maka kita tinggal menggunakannya untuk memesan menu yang kita inginkan, dan pesanan akan segera diantar ke alamat kita. Beragam menu sesuai dengan restoran HokBen juga tersedia di aplikasi tersebut.

Meskipun HokBen dimiliki secara seutuhnya oleh orang Indonesia, namun restoran cepat saji ini tetap tidak meninggalkan kesan Jepang-nya. Ada salah satu menu paket yang diberi nama Omiyage. Omiyage ini jika di Indonesia adalah oleh-oleh. Jadi bentuk pengemasan serta isi dari Omiyage dapat dinikmati oleh 4 hingga 6 orang. Tentunya paket ini sangat cocok untuk dijadikan oleh-oleh saat Anda ingin mengunjungi rekan ataupun saudara. Selain sebagai tempat untuk sekedar makan siang, HokBen juga menyediakan tempat bagi Anda yang ingin melakukan meeting dengan klien, atau mengadakan pesta ulang tahun anak.