Soto Betawi, Ragam Kuliner Betawi Yang Melegenda

Salah satu jenis kuliner khas Indonesia yang tidak hanya dapat kita jumpai di daerah asalnya adalah soto betawi. Soto betawi merupakan salah satu kuliner khas yang sangat perlu kita jaga, agar semakin banyak orang yang menyukainya tidak hanya dari wilayah Jakarta saja tetapi juga seluruh Indonesia. Soto betawi ini disajikan dengan cara yang cukup unik yaitu menggunakan kuah santan kelapa dan juga susu. Soto betawi biasanya berisi daging sapi dan aneka jeroan sapi. Rasa gurih dan lezat berasal dari perpaduan kuah dan daging sapi.

Sejarah Soto Betawi

Soto betawi adalah soto yang berasal dari Betawi yaitu kota yang pada akhirnya menjadi DKI Jakarta. pada zaman dahulu, Betawi merupakan salah satu wilayah yang paling sering disinggahi oleh orang-orang asing yang berasal dari Cina maupun Belanda. Oleh karena itu, Belanda juga ikut membangun beberapa infrastruktur di Betawi dan mengubah nama Betawi menjadi Batavia. Setelah terjadinya Perang Dunia II, nama Batavia berubah menjadi Jakarta.

Soto betawi sendiri sudah dikenal oleh masyarakat sejak tahun 1977. Pada mulanya, soto betawi dipopulerkan oleh seorang Tionghoa yang bernama Lie Boen Po. Dia menjual soto ini di kawasan THR Lokasari. Soto betawi ini memiliki rasa yang begitu nikmat dan gurih sehingga banyak diminati warga betawi pada saat itu. Setelah warung soto betawi yang didirikan oleh Lie Boen Po tersebut tutup, muncullah warung makan soto betawi lainnya yang hingga kini tidak hanya kita temukan di Jakarta, tetapi juga kota-kota lainnya di Indonesia.

Soto Betawi Khas Jakarta

Soto betawi adalah salah satu kuliner yang cukup unik khas Jakarta. Jika dilihat sekilas hampir mirip dengan sop kambing namun ada beberapa tambahan lainnya seperti tomat, seledri, dan bawang goreng. Soto betawi terbuat dari daging sapi, jeroan sapi seperti hati, torpedo, mata sapi, dan jeroan sapi lainnya. Jeroan dan daging sapi tersebut direbus terlebih dahulu hingga empuk. Lalu air rebusan yang telah digunakan tadi dijadikan kuah soto betawi. Setelah itu dibuatlah bumbu yang menggunakan jahe, bawang putih, bawang merah, jinten, merica, cengkeh. Lalu semua bumbu tersebut dihaluskan, setelah halus bumbu tersebut ditumis dengan menambahkan serai dan daun salam serta garam. Setelah tumisan bumbu tersebut harum, mama bumbu dicampurkan ke dalam air rebusan daging tadi, dan dicampurkan santan serta susu.

Soto betawi ini biasanya disajikan dengan nasi hangat, emping, acar, jeruk nipis, dan juga sambal. Soto betawi ini memang memiliki sensasi berbeda dengan jenis soto lainnya yang ada di Indonesia. Rasa creamy dan gurih dapat Anda rasakan ketika menyantap hidangan yang satu ini. Anda dapat menemukan kuliner khas betawi ini di berbagai rumah makan di Jakarta.

Soto Betawi Afung

Jika Anda mampir ke kawasan Puri Kembangan, maka Anda akan menemukan beberapa rumah makan yang menyediakan masakan Cina alias Chinese Food. Tapi jangan salah, di kawasan ini Anda juga akan dapat menemukan salah satu rumah makan soto betawi yang sudah sangat terkenal. Rumah makan Soto Betawi Afung namanya. Rumah makan ini cukup nyaman dan bersih dan yang paling penting adalah soto betawinya yang sangat lezat. Anda dapat memilih antara kuah santan atau kuah bening. Namun kuah santan-lah yang paling recomended sebab rasanya sangat creamy dan gurih. Selain itu, isi soto betawinya pun sangat memuaskan ada daging sapi dan aneka jeroan seperti urat, paru dan babat yang super lembut sehingga tidak sulit untuk dikunyah. Jika Anda datang ke kawasan Puri Kembangan, jangan lupa untuk mampir ke rumah makan Soto Betawi Afung.

Soto Betawi H. Husein

Rumah makan soto betawi berikutnya terletak di daerah Manggarai, Jakarta. rumah makan ini selalu ramai dikunjungi para penikmat soto betawi. Tak heran, jika banyak orang semakin penasaran untuk datang dan menikmati semangkuk soto betawi di rumah makan tersebut. salah satu menu yang menjadi favorit di rumah makan ini adalah Soto Campur. Soto ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai jeroan sapi, sebab soto ini berisi macam-macam jeroan seperti usus, paru goreng, daging dan beberapa jenis jeroan sapi lainnya. Dijamin rasa yang creamy dan super gurih dapat Anda dapatkan di soto betawi H. Husein.

Soto Betawi H. Mamat

Rumah makan yang satu ini, menyajikan salah satu menu andalan yang cukup menarik. Yaitu soto betawi dengan daging yang telah dioseng terlebih dahulu. Jadi antara daging dan kuahnya disajikan terpisah. Kebayang kan betapa gurihnya soto betawi yang satu ini. Daging yang telah dioseng sebelumnya bercampur menjadi satu di lidah Anda dengan kuah santan yang super gurih. Untuk menemukan rumah makan ini Anda cukup datang ke kawasan Pantai Indah Kapuk, BSD, Serpong, dan AEON.